Taisei Marukawa Bantu Persebaya Surabaya Gasak Persib

By ommed


nusakini.com - Persebaya Surabaya berhasil keluar dari tekanan untuk memaksa Persib Bandung menelan kekalahan telak 3-0 dalam pertandingan pekan ke-16 Liga 1 2021/22 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12) malam WIB.

Kemenangan itu membuat Persebaya kini mengumpulkan nilai 30, dan menempati peringkat ketiga sekaligus menggusur Arema FC. Meski mempunyai poin sama, Persebaya unggul selisih gol. Sedangkan Persib terpaku di peringkat kedua dengan nilai 31.

Persib langsung mengambil inisiatif menyerang selepas wasit meniup peluit kick-off. Permainan agresif yang diperlihatkan Persib membuat Persebaya mengawali pertandingan dengan bertahan.


Peluang terlebih dulu diperoleh Persib ketika laga baru berjalan empat menit. Umpah Febri Hariyadi disambar Frets Butuan. Walau sepakannya tidak bisa dihentikan kiper Ernando Ari, bola masih menghajar tiang kanan gawang.

Sebaliknya, Persebaya yang mendapat tekanan bertubi-tubi mengalami kesulitan untuk mengembangkan permainan. Serangan yang dibangun pun dengan mudah dipatahkan barisan belakang Persib.

Maung Bandung mendapatkan kesempatan untuk membuka keunggulan melalui set-piece ketika laga hampir berjalan setengah jam. Namun tendangan bebas Marc Klok berhasil diblok Ernando.

Persib sama sekali tidak memberikan kesempatan kepada Persebaya, dan kembali mendapatkan peluang di menit ke-38. Ernando harus bekerja keras untuk memblok tendangan Febri Hariyadi dari jarak dekat. Skor imbang tanpa gol pun menutup babak pertama.

Persebaya mampu memperbaiki performa mereka di babak kedua, sehingga duel melawan Persib menjadi lebih menarik dan berimbang. Serangan silih berganti dilakukan kedua tim untuk memecah kebuntuan.


Namun kelengahan barisan belakang Persib harus dibayar mahal pada menit ke-58. Kegagalan Zalnando menghalau bola lambung Muhammad Hidayat dimanfaatkan Taisei Marukawa untuk menjebol gawang Natshir Fadhil.

Gol ini melecut motivasi penggawa Persebaya. Bajul Ijo nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-62, tapi tendangan Jose Wilkson menghajar mistar gawang.

Persib yang berusaha menyamakan kedudukan justru kebobolan lagi pada menit ke-70 lewat serangan balik cepat Persebaya. Kerja sama satu-dua dengan Marukawa diselesaikan Bruno Moreira untuk menjebol gawang Persib.

Di waktu tersisa, Persib terus menggempur pertahanan Persebaya demi memperkecil ketertinggalan. Namun umpan terobosan Marselino Ferdinan di injury time membuat Marukawa mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Persebaya memetik kemenangan 3-0. (gi/om)